Apa Emosi yang Anda Rasakan Sekarang?


kalimat "trust" terdeteksi oleh "pulse"

kalimat "trust" terdeteksi oleh "pulse"

Sebuah alat yang dinamakan “Pulse”, dapat dikatasan seni instalasi dan sekaligus perangkat data visualisasi. Apa sebenarnya yang dilakukan oleh organisme visualisasi emosi bernama “pulse” ini adalah menelusuri sinonim dari posting terbaru di Blogger.com, dengan mengunakan kata kunci yang dikaitkan pada 24 emosi berbeda dari delapan kelompok emosi. Sebuah kerucut berwarna merah ditengah mengembang saat kata kunci terdeteksi, menghasilkan suatu aksi sebagai indikator “mood” bagi blog-blog di Blogger.com.

Proyek yang sejatinya digunakan oleh [Markus Kison] sebagai tesis diploma di Universitas Seni Berlin dengan kekhususan pada kelas Digital Media, adalah obyek baru yang berkonsetrasi pada emosi-emosi; “pulse” mengambarkan secara langsung ekspresi-ekspresi emosi terkini, yang dituliskan dalam weblogs pribadi di blogger.com. Ekspresi-ekspresi tersebut diuraikan menggunakan serangkaian daftar sinonim-sinonim, menurut Teori Emosi Psikoevolusioner-Robert Plutchik (1980).

Dalam teori tersebut, Plutchik menjelaskan delapan dasar emosi-emosi manusia, disatukan pada kelemahan dan penekanan alternatif, yang dibentuk seperti kerucut 3D yang terdiri dari 24 area. Diagram ini adalah bentuk dasar “pulse” yang dapat

mengembang kearah 24 area tersebut. Setiap kali sebuah sinonim dari emosi dasar Plutchik ditemukan pada tulisan dalam sebuah blog

gradasi pembagian emosi yang mirip dengan roda warna

gradasi pembagian emosi yang mirip dengan roda warna

selama beberapa menit terakhir, kerucut merah tersebut berubah sendiri sesuai dengan jumlah keterwakilan terkini dari sebagian kecil kondisi emosi dunia.

Alat tersebut terbuat dari sebuah kotak kaca, dilengkapi dengan berbagai motor servo dan kontrol servo yang telah dibuat secara khusus. Ini adalah ide yang memaksa, tetapi kita berpikir, apakah “pulse” menelusuri kata-kata yang telah dimodifikasi atau hanya kata kunci saja? Tidaklah mungkin wilayah kesedihan mengembang secara drastis, jika saja banyak orang yang mempostingnya kalimat “Aku tak sedih sama sekali.”

Kenetralan proses analisis emosi berbeda dengan arti pencarian kata secara semiotika. Proses tersebut tampaknya didasarkan dari intuisi pengalaman yang dicerminkan pada materialisasi kaca, motor dan bentuk yang mudah berubah-ubah. Setidaknya proyek ini dapat menjadi pertim

bangan bagi para ahli untuk mempelajari lebih jauh tentang pengaruh emosi terhadap ekspresi-ekspresi emosi yang telah dikembangkan oleh Robert Plutchik tersebut.

Andakah peneliti berikutnya yang akan mengikuti jejak Markus dan Plutchik? Atau hanya sekedar menjadi pengetahuan tambahan bagi Anda untuk membedakan tingkatan emosi sesuai dengan model 3D yang dikembangkan oleh Plutchik tersebut. Semuanya terletak pada Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s