Maxtor OneTouch 4 Mini


Maxtor OneTouch 4 Mini

Maxtor OneTouch 4 Mini

Maxtor OneTouch 4 Mini

Perkembangan dunia digital yang begitu pesat, membuat para produsen perangkat komputer harus memadukan antara fungsi dengan fashion. Media penyimpanan data yang besar terus diburu oleh konsumen. USB Drive, MMC, SD, berkapasitas terbatas, tidak demikian halnya dengan portable drive. Jenis media penyimpanan data setinggi minuman kaleng, populer sejak 2 tahun lalu ini.

Salah satunya adalah Maxtor OneTouch 4 Mini dengan kapasitas 250GB kecepatan 7.200 rpm dibandrol dengan harga $129.99 (PC Magazine) yang juga dapat digunakan untuk merecovery data. Meskipun hanya platform Windows XP atau Vista dengan format NTFS, OneTouch 4 Mini ini menjadi Pilihan Editor PC Magazine.

Dengan ukuran relatif kecil yaitu, 0.6 x 4.9 x 3.2 inchi (HWD). Tampak atas dilapisi oleh alumunium, sedangkan dibagian kedua sisinya terbuat dari bahan plastik tebal, untuk bagian bawah dilapisi oleh karet agar tampak kokoh. Dan tombol OneTouch tidak terletak jauh dari hardisk. Dalam paket ini disertakan Kabel USB model Y dan satu USB port khusus untuk power. Saat PC Magazine mencoba dengan Sony VAIO VGC-LT29U, kabel power harus dipasang untuk menambah daya.

Dalam portable hardisk Maxtor’s ini telah disertakan juga software drive. Utility antar-muka OneTouch yang sederhana, memberikan Anda opsi untuk membackup seluruh drive atau hanya folder tertentu dan kemampuannya mensinkronisasikan antar PC, selama PC tersebut menggunakan OS sama. Jika Laptop menggunakan Windows Vista sedangkan PC Anda menggunakan XP maka tak dapat melakukan sinkronisasi file. Tapi kekecewaan itu ditutup dengan adanya software Maxtor DrivePass yang menggunakan enkripsi AES 256-bit dan akan membuat password pada folder guna menyimpan file-file penting Anda. Saat OneTouch kita tancapkan ke komputer lain, DrivePass akan meminta password untuk membuka folder tersebut.

Utility SafetyDrill yang membuat image dari drive PC Anda dan membuat back up pada OneTouch 4 Mini ini, tetapi masih terbatas pada format drive NTFS. Para pengguna OS lain tak memiliki format NTFS tak akan dapat menikmati fasilitas SafetyDrill.

Portable drive Maxtor ini hanya membutuhkan waktu 49 detik untuk membackup file sebesar 1.22GB dengan teknik drag-and-drop, dan 50 detik mengunakan software utility OneTouch. Meskipun memiliki rpm lebih tinggi dari pendahulunya, menurut pengukuran dari PC Magazine masih memiliki performa yang sama dengan seri sebelumnya yang memiliki kecepatan 5400 rpm.

Secara keseluruhan, Maxtor OneTouch 4 Mini juga tersedia versi 320GB yang dibandrol dengan harga $165.00(bhinneka), tetap saja masih menjadi pilihan dibandingkan pesaingnya. Utility backup data antar platform menjadi keunggulan Maxtor dibanding dengan Western Digital My Passport Elite. Sedangkan Toshiba HDDR320E03X tak menyediakan teknologi pembanding image dalam drive atau kemampuan membackup. Meskipun harga Maxtor OneTouch 250G terpaut $20 lebih murah dibandingkan kedua pesaingnya, portable hardisk ini masih tetap menjadi idaman. (-LM-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s