UMPC ??#$!??


Gambar 1. Flow Gadged

Gambar 1. Perkembangan Handheld

“Ultra Mobile PC adalah kategori baru perangkat mobile di antara Tablet PC yang besar and PDA yang kecil”

UMPC bukanlah computer yang digunakan di meja, bukan juga digunakan di pangkuan, melainkan komputer yang dapat digenggam dengan kedua tangan karena sangat kecil dan ringan, seperti halnya menggenggam sebuah buku dan didukung pula dengan teknologi layar sentuh, membuatnya mudah dioperasikan.

Seperti pada alat berbasis computer yang portabel, UMPC dapat juga menjadi “kantor berjalan” anda. Anda dapat menghubungkan UMPC dengan computer di rumah atau kantor anda dan membawa dokumen-dokumen, lembar tugas, data audio-video, email, kalender, dan buku telepon ketika anda bepergian. Anda juga dapat membawa permainan bersama anda, UMPC menawarkan cara baru untuk menikmati hiburan berbasis video.

Untuk siapa alat ini dibuat ?

“UMPC adalah pusat dari gaya hidup Ultra Mobile.”

Gaya hidup “Ultra Mobile” mengacu ke sesuatu yang orang-orang lakukan atau selesaikan, jika mereka dapat memasukan semua fungsi PC dan akses internet dalam saku atau tas jinjing mereka, kemanapun mereka pergi. Sehingga dimanapun Anda berada – di rumah, di sekolah, di kantor, atau sedang liburan; bagaimanapun cara berpergian -dengan kereta, bis, MRT, mobil, pesawat, atau hanya dengan berjalan kaki; dan apapun yang Anda lakukan – bekerja, bepergian, berolahraga, belajar, pesta, beristirahat, berbelanja, makan… Anda akan selalu terhubung, terinformasikan, terhibur dan produktif, kapan saja, dimana saja, di dunia. UMPC adalah jenis teknologi yang memberikan Anda kebebasan untuk menikmati gaya hidup “Ultra Mobile” sebenarnya.

Jadi apa kelebihan UMPC dibanding dengan PC-Tablet?

Karena perangkat ini dibuat agar kita dapat bekerja dimana saja. Maka akses internet adalah perangkat yang sudah tentu menjadi perhatian utama. UMPC dapat menjalankan internet explorer atau browser website lainnya, Anda dapat mengakses area – area yang terdapat jaringan Wi-Fi, Data card 3G atau bahkan menggunakan telepon selular yang memiliki Bluetooth untuk berselancar di internet. Email, download dan upload data audio-video dan instant messaging – itu semua dapat dilakukan menggunakan UMPC, yang menjanjikan koneksi cepat dimana saja anda berada.

Perbandingan antara UMPC, Laptop dan Komputer Desktop

Tabel 1. Tabel Perbandingan

Satu lagi bagian dari fungsi yang dapat dilakukan UMPC adalah teknologi GPS (Global Positioning System). Apapun software yang digunakan baik itu versi dari Microsoft atau dari penyedia layanan lain, anda dapat menggunakan UMPC untuk memberikan arah dari satu lokasi ke lokasi lain, mengikuti kemajuan perjalanan yang dilakukan pada computer di tangan anda. Navigasi seperti itu dilakukan menggunakan satelit, alat-alat berteknologi 3G atau protocol Wi-Fi.

Teknologi UMPC, saat ini telah dilengkapi layar berwarna TFT yang memungkinkan anda untuk menulis, mencorat-coret, dan menggambar menggunakan pena khusus yang disediakan dalam unit UMPC. Cara kerja layar UMPC tidak jauh berbeda dengan Wacom Digitizer (alas gambar digital), anda yang dapat berinteraksi langsung dengan layar daripada menggunakan aksesoris perantara lain. Anda dapat juga menggunakan pena khusus sebagai mouse, mengarahkan pada sesuatu yang terdapat di layar, menekan tombol, menyoroti teks dan lain-lain. Jika anda kurang suka menggunakan touchpad dan tombol navigasi karet, anda mungkin menyukai menggunakan tangan anda.

Kesimpulan

Ini bukan notebook, tetapi dapat melakukan apa saja yang notebook lakukan, ini bukan PDA mengingat ukurannya yang lebih besar dan tidak menjalankan sistem operasi perangkat mobile khusus seperti Windows Mobile atau Palm OS, dan ini bukan hanya media player portabel mengingat UMPC dapat melakukan apa saja yang PMP lakukan.

Jika anda mengetahui komputer Tablet PC, pikirkanlah bahwa perangkat ini jauh lebih kecil dan harganya lebih terjangkau.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s