Oksidan dapat Melemahkan Sel Kanker


Para penderita kanker dapat berbesar hati saat ini, karena penelitian yang dilakukan oleh seorang Profesor Kimia di Universitas Warwick telah menemukan sebuah solusi agar sel-sel yang telah terinfeksi oleh kanker dapat dilemahkan pertahanannya.

Menurut penelitian terbaru para ahli kimia, telah dapat menyiasati penyakit kanker dengan menginfeksi sel-sel kanker untuk melemahkan pertahanannya. Para ilmuan menggunakan ruthenium besi sebagai sebuah katalis bagi reaksi penyebaran kanker yang akan membentuk musuh sel – oksidan – untuk dijadikan kawan.

Kanker sangat cepat beradaptasi pada obat-obatan tradisional yang langsung menyerang sel yang terinfeksi. Tetapi hasil tes laboratorium terbaru menemukan, pertahanan kedua menggunakan ruthenium sebagai sebuah katalis terhadap reaksi akan menghentikan sel-sel yang memproduksi kimia glutathione anti-oksidan. Sebagai sel sasaran yang dipaksa untuk menjatuhkan pertahanan glutathione, level oksidan meningkat, dan sel kanker mati.

Profesor Kimia, Peter Sadler dari Universitas Warwick menjelaskan, “kita telah mengatahui oksidan-oksidan menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kanker. Penelitian kami menunjukkan ruthenium menghasilkan sebuah reaksi terhadap sel yang menghancurkan pertahanan glutathione anti-oksidan – menghancurkan sel kanker yang telah terinfeksi.

“Berkerjasama dengan kolega-kolega di Universitas Edinburgh dan Oncosense, kami membuktikan hal ini mungkin sebuah garis pertahanan efektif melawan kanker.”

Para ilmuan yang bekerja pada proyek tersebut sekarang berharap untuk memindahkan penelitian ke luar laboratorium – tahap selanjutnya dari pekerjaan ini adalah percobaan medis.

Penelitian tersebut didanai oleh Perkumpulan Peneliti Ilmu Pengetahuan Bioteknologi dan Biologi (BBSRC), dan penemuan tersebut diterbitkan saat pelaksanaan Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional – Agustus 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s