Pria juga beresiko terkena Kanker Payudara


Sebagai seorang pria, saya tentu saja terkejut saat pertama kali membaca artikel mengenai kanker payudara juga terjadi pada pria. Selama ini pemahaman saya, kanker payudara hanya terjadi pada perempuan saja. Mengingat, payudara lebih indentik dengan kaum hawa.

Perempuan memiliki kecenderungan lebih besar terhadap potensi kanker payudara. Tetapi apakah anda mengetahui, seorang pria juga memiliki resiko terserang kanker payudara? “Kaum pria memiliki resiko terserang penyakit kanker payudara sebesar satu persen,” tutur dr. Drajat R. Suwardi, spesialis kanker payudara.

Kanker payudara, yang timbul karena berkembangnya hormon estrogen dalam tubuh secara berlebihan. Hormon estrogen ini lebih banyak dimiliki oleh kaum hawa. Tidak berarti pria tak memiliki hormon estrogen, mereka memilikinya meskipun dengan kadar kecil.

Pria memiliki kelenjar payudara, walaupun tidak berkembang sebagaimana halnya perempuan. Gejala-gejala dari kanker payudara pada seorang pria lebih mudah dikenali dibandingkan pada perempuan, seperti munculnya benjolan di payudara dan keluarnya cairan di puting. Karena payudara seorang pria tidak berkembang selayaknya perempuan, akan sangat mudah mengenali jika terjadi benjolan, tambahnya dalam acara peresmian Yayasan Kanker Payudara Jawa Barat, Bandung, 18 Maret 2009.

Sebagai seorang pria, saya mulai menyadari resiko tersebut, setelah membaca artikel ini. Satu persen resiko terserang kanker payudara, bukan sesuatu yang remeh-temeh. Dengan mengenali gejala dan penanganan lebih dini, dapat menekan resiko terkena kanker payudara.

Saya sudah memulainya, bagaimana dengan anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s