Gender & Sex pada Janin Ditinjau dari Perkembangan Otak


Gambar Perkembangan Otak

Gambar Perkembangan Otak

“Semua laki-laki di dunia ini awalnya adalah perempuan. Laki-laki adalah perempuan yang mengalami mutasi.”

Bagaimana mungkin laki-laki itu dulunya adalah perempuan? Berikut adalah penjelasannya.

Otak bukanlah sebuah organ yang unisex, diferensiasi antara otak perempuan dan laki-laki dimulai ketika janin berusia 8 minggu. Hingga usia tersebut, semua otak janin nampak berjenis perempuan, kemudian barulah berkembang mengikuti rancangan yang dibuat oleh gen & hormon sex. Munculnya gelombang testosteron yang dimulai pada minggu ke delapan ini akan mengubah otak yang awalnya unisex menjadi otak laki-laki. Sejatinya perkembangan otak perempuan dan laki-laki memang berbeda. Hal ini disebabkan komposisi hormon yang berbeda, akibat ada atau absennya kromosom Y.

Perlu digaris bawahi, jenis kelamin tidak sama dengan gender. Gender adalah perasaan subyektif individu tentang ‘kejantanan’ atau ‘kewanitaan’ dirinya. Jadi dalam hal gender, tidak dikenal dikotomi laki-perempuan, tidak hitam-putih, gender adalah wilayah abu-abu yang spektrumnya sangat bervariasai.

Umumnya, laki-laki biologis (genetik) identitas gendernya laki-laki, dan perempuan biologis identitas gendernya perempuan. Tapi tidak harus selalu begitu. Laki-laki yang kecewek-cewekan adalah salah satu wujud gender yang memang spektrumnya sangat luas.

Ini bukan hal yang patologis, bukan penyakit. Yang jadi masalah adalah misalnya seorang waria merasa tersiksa karena keadaannya. Yang di atasi adalah perasaan tersiksanya, bukan perasaan gendernya.

Sumber
dr. Ryu Hasan
Perkembangan Otak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s