Bell’s Palsy


Beberapa saat yang lalu gempar beredar di time-line BBM saya mengenai separuh (bisa sebelah kiri atau kanan) bagian wajah yang mati rasa secara tiba-tiba.

Blasting tak bertuan itu rupanya bergulir bak teror bom. Bahkan ada yang menyangkutkan dengan mistisisme atau tindakan magis. Walau ada yang menggunakan pendekatan sedikit rasional, mengatakan akibat terpapar oleh angin malam terlalu sering.

Meski bukan saya yang menyebarkan berita tersebut, kawan-kawan mendesak agar saya memberikan sedikit penjelasan mengenai fenomena itu. Berikut kutipan (disunting ulang untuk blog) penjelasan saya melalui BBM.

Dunia medis mengenal fenomena ini sebagai Bell’s Palsy atau paralis muka. Digolongkan sebagai penyakit idiopatik (belum diketahui penyebabnya).

Menurut rekam medis, insiden itu terjadi pada 11-14 orang per 100.000 orang atau 1 per 60 orang. Dan biasanya 80% pasien sembuh dalam beberapa minggu atau bulan.

Ciri-ciri penyakit Bell’s Palsy-BP, kelemahannya terjadi selama 48 jam per sekali kejadian; nyeri di belakang telinga dan mati rasa selama sehari atau dua hari yang diikuti hilangnya separuh sensasi pengecap.

Namun ada beberapa indikasi medis penyakit ini terjadi karena lesi di ganglion geniculata dan saraf VII alias saraf facialis atau wajah.

Bell’s Palsy juga berhubungan dengan virus tipe 1 dicairan endoneural dan otot belakang telinga.

Infeksi pada tulang mastoid, akibat “congean” atau benturan di kepala juga diindikasikan sebagai pemicunya.

Kalau disebutkan penyakit ini disebabkan oleh angin, dapat dikatakan HOAX. Memang kalau terpapar angin seperti mati rasa, itu bukan paralis muka.

Jika dikaitkan dengan angin duduk, ini juga HOAX. Karena angin duduk adalah istilah untuk penyakit Jantung Koroner, tak ada hubungannya dengan Bell’s Palsy. (m1k35)

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s