Manfaat Mengkonsumsi Air


Penyebut air putih dalam tulisan ini, semata merujuk kepada air konsumsi. Bukan dalam arti harfiah yaitu air berwarna putih. Berikut manfaat air bagi tubuh kita.

Tak hanya dapat mempercantik kulit, mengkonsumsi air secara teratur juga bermanfaat sebagai detox-membersihkan tubuh dari racun. Banyak orang mengabaikan konsumsi air, termasuk saat bangun tidur. Apalagi di saat aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja.

Metabolisme sel-sel terus berjalan dan fungsi air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang. Itulah sebabnya, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air setelah bangun tidur di pagi hari untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Jika tidak mengkonsumsi air setelah bangun tidur, tubuh jadi kekurangan mineral yang dapat mengganggu kesehatan. Cukup satu gelas setelah bangun tidur, akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Tak hanya setelah bangun tidur, lakukan hal yang sama sebelum tidur.

Tak perlu mengkonsumsi air secara berlebihan, karena akan memicu urinary glad memproduksi air seni lebih banyak, sehingga membuat kita sering ke kamar kecil. Hal ini juga termasuk efek buruk pada fungsi jantung dan ginjal. Umumnya air terdiri dari H2O, tapi tubuh juga butuh air yang mengandung mineral (Natrium, Kalium, Klor) agar otot bisa bergerak.

Berapa pun air yang terbuang, harus segera diisi kembali, termasuk saat bangun tidur untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Air dalam tubuh digunakan oleh organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja saat tidur, termasuk otak, jantung dan ginjal. (dr.Meti – m1k35)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s